LMDH Godan Wana Lestari Dirikan PAUD

paud-1KPH Purwodadi memiliki 21 LMDH yang dalam pelaporannya 19 LMDH ikut KPH Purwodadi dan 2 LMDH ikut KPH Pati, namun dalam kenyataannya kedua LMDH tersebut masih dalam wengkon / wilayah pembinaannya ikut KPH Purwodadi .

Dari 19 LMDH yang masuk dalam kategori LMDH aktif yaitu LMDH Batur Wanamakmur Desa Kemadohbatur BKPH Pojok, dan LMDH Godan Wanalestari Desa Godan BKPH Sambirejo yang keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Tawangharjo.

LMDH Batur Wana Makmur usaha produktifnya ternak kambing dan sapi, sedangkan LMDH Godan Wana Lestari dengan nomor Akta Notaris pembentukannya No. 01 tanggal. 01 Juli 2002 dan No. perjanjian PHBM No. 02 Juli 2002 , dengan Luas pangkuan hutan 1760,10 Ha dan jumlah anggota 105 Orang, berhasil mendirikan PAUD.

Agus Sugiyarto selaku ketua LMDH bersama pengurus LMDH mempunyai gagasan untuk mendirikan PAUD di Desanya, dengan dibantu 2 orang guru pengajar yang dominan lulusan dari SLTA, keduanya sangat tekun dalam mendidik dan mengarahkan anak didiknya yang kesemuanya baru berjumlah 9 putri dan 11 putra.

Awal mula pendirian PAUD ini dikarenakan banyak anak-anak usia dini yang belum bersekolah , adapun sekolah tersebut dibiayai dengan modal Swadaya LMDH / Kas LMDH dari hasil Sharing produksi kayu Tahun lalu , biaya pendirian sebesar Rp. 1.000.000,- yang telah dirintis sejak tanggal 16 Juli 2014 yang lalu , selama perjalanan waktu banyak kendala yang dihadapi , namun dengan tekad Guru dan pengurus LMDH Godan terwujudlah sudah PAUD ini , dan bahkan guru pengajarpun mau rela tidak menerima honor .

Disela sela kesibukannya Administratur / KKPH Purwodadi Prihono Mardi.S.Hut menyambut dengan senang, karena LMDH Godan Wana Lestari sudah bisa dikatakan LMDH mandiri , yang dalam pengertiannya mampu untuk menciptakan sebuah karya yang berguna bagi Masyarakat sekitar dan tidak ketergantungan terhadap Sharing produksi kayu, dan bisa mengurangi perencekan dihutan sekitar.

Dengan kegiatan ini Prihono Mardi.S.Hut juga sangat menghimbau kepada jajaran Perum Perhutani KPH Purwodadi yang berada di wilayah , bisa selalu memperhatikan dan mendukung kegiatan demi kegiatan yang positip, dengan demikian kita bisa menginformasikan kepada Masyarakat sekitar hutan, akan pentingnya dan manfaat hutan lewat anak didik PAUD.(dat/hms-pwd/Agus Suprijanto).

 

 Print  Email